Kamis, 08 Maret 2012

TIP MENYELESAIKAN MASALAH

Setiap orang akan mengahapi masalah. Orang yang baik bukan meninggalkan masalah, tetapi mengahadapi masalah itu dengan bijaksana. Tuhan akan menguji manusia dengan berbagai hal untuk mengidentifikasi manusia  yang sukses dan yang belum sukses menyelesaikan masalah. Berbahagia orang yang dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah dan sungguh rugi orang yang putus asa atau tidak dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik.
Di bawah ini ada beberapa tip untuk menyelesaikan di antaranya:
1. Istikhoroh
Manusia adalah makhluk tuhan yang paling mulia karena diberi akal. Dengan akal itu manusia dapat mengembangkan hidupnya. Dia dapat mengelola dan memakmurkan bumi ini untuk kesejahteraan hidupnya. Akan tetapi, pada batas-batas tertentu manusia tidak dapat (sulit) untuk menyelesaikan masalahnya. Saat seperti itulah manusia perlu bantuan/ petunjuk tuhan (istikhoroh). Dalam Islam, minta pertolongan kepada tuhan dapat dilakukan dengan cara melakukan sholat istikhoroh sebanyak 2 (dua) rakaat. Pada dasarnya salat istikharah dapat dilaksanakan kapan saja namun dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir. Setelah salam dilanjutkan do'a salat istikharah kemudian memohon petunjuk dan mengutarakan masalah yang dihadapi. Sebuah hadits tentang do'a setelah salat istikharah dari Jabir r.a mengemukakan bahwa do'a tersebut dapat berbunyi :
"Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagi dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (HR Al Bukhari)
Manusia tidak akan rugi dengan pilihannya jika diawali dengan istikhoroh.

2. Musyawarah
Musyawarah adalah salah satu jalan dalam memecahkan masalah. Dalam musyawarah kita akan mendapat pikiran-pikiran dari orang lain yang dapat membantu memecahkan masalah kita. Pikiran/ ide orang lain mungkin lebih brilyan daripada pikiran kita. Dengan musyawarah akan terhindar dari prasangka buruk, permusuhan dan perselisihan. Oleh karena itu, bermusyawarahlah apabila mendapat masalah. Tidak akan kecewa orang yang bermusyawarah.

3. Hidup Hemat
Ternyata hidup hemat dapat menyelesaikan masalah. Bagaimana apabila kita tiba-tiba sakit dan harus dibawa ke rumah sakit. Sementara uang untuk biaya ke rumah sakit tidak punya? Bukankah ini akan menjadi bertambah masalah? Selain itu, anak kita meminta uang untuk biaya/ keperluan sekolah? Bukankah ini akan menambah masalah lagi? Dinilah pentingnya hidup hemat yaitu dengan cara menabung. Sisihkan uang kita untuk disimpan/ ditabung untuk keperluan yang sudah direncanakan atau kebutuhan mendadak. Jika kita punya simpanan/ tabungan, maka tidak akan begitu sulit untuk memikirkan biaya ketika harus ke rumah sakit. Orang yang hidup hemat tidak akan miskin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar