Sabtu, 04 Januari 2014

SUKU BANGSA SAOMI

Suku bangsa Soami ditinjau dari teori orientasi nilai budaya yang dikemukakan oleh Kluckhohn adalah sebagai berikut :
A.       Suku bangsa Soami ditinjau dari human nature adalah dalam kaitannya dengan makna hidup manusia bagi beberapa kebudayaan yang menganggap bahwa hidup itu adalah sumber keprihatinan dan penderitaan maka kemungkinan variasi konsepsi orientasi nilai budayanya dirumuskan oleh kluchkohn dengan kata “ evil “ . sebaliknya dalam banyak kebudayaan menganggap hidup itu adalah sumber kesenangan dan keindahan , dirumuskan dengan kata “ good “.
B.       Suku bangsa soami ditinjau dari man – nature atau hubungan manusia dengan alam sekitarnya , banyak kebudayaan yang mengkonsepsikan alam sedemikian rupa dasyat dan sempurna sehingga manusia sepatutnya tunduk saja kepadanya ( subjecation to nature ) . namun terdapat juga kebudayaan yang mengajarkan kepada warganya . sejak usia dini walaupun alam bersifat ganas dan sempurna , namun nalar manusia harus mampu menjaga rahasia – rahasianya untuk menaklukan dan memanfaatkannya guna memenuhi kebutuhan ( mastery over nature ) juga terdapat pula alternative lain yang menghendaki hidup selaras dengan alam ( harmony with nature ) , suku saomi berpandangan banhwa sudah selayaknya manusia hidup itu harus selaras dengan alam dan memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan secara bijaksana tanpa merusak alam tetapi selalu menjaga keseimbangan alam untuk kelestarian dan kelangsungan alam agar dapat dirasakan oleh generasi berikutnya.

C.       Suku Soami dalam kaitannya dengan Time ( waktu ) ada kebudayaan yang mementingkan massa sekarang ( present ) , sementara banyak pula yang berorientasi ke masa depan ( future ) , kemungkinan besar untuk tipe pertama adalah pemboros sedangkan untuk tipe kedua adalah tipe masyarakat yang hemat . layaknya suku bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar