Jumat, 04 Oktober 2013

MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM MASALAH SOSIAL DAN INDIVIDU

Warga masyarakat di dunia ini tidak akan lepas dari masalah sosial maupun individu yang harus dihadapi dan diselesaikan. Program studi sosial yang diterapkan di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi harus membantu  siswa mengembangkan  kemampuan untuk membuat keputusan  yang  rasional sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah  pribadi maupun sosial melalui  tindakan sosial, memengaruhi kebijakan publik.

Salah satu  komponen  yang penting  dalam pengambilan  keputusan adalah pengetahuan. Dengan pengetahuan dapat dipelajari informasi historis dan sosiologis pada perubahan lingkungan. dan akan mampu membuat beberapa prediksi tentang perubahan apa yang  mungkin atau tidak mungkin terjadi di lingkungannya. Pengetahuan yang berfungsi sebagai dasar untuk keputusan rasional  harus  interdisipliner.  Pengetahuan satu  disiplin  tidak cukup  untuk membantu membuat keputusan cerdas  tentang isu sosial  yang kompleks.

Tidak cukup dengan pengetahuan, pengambilan  keputusan juga harus mampu diperoleh sendiri bila diperlukan dan  tepat. Pengetahuan  yang didasarkan keputusan rasional juga harus kuat dan  luas  yang berlaku  sehingga  rnemungkinkan  pembuat keputusan untuk membuat prediksi yang paling akurat. 


Dalam mengambil  keputusan  juga harus mampu mengidentifikasi  dan mengklarifikasi  nilai, serta menghubungkan  konsep  dan generalisasi. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi  program alternatif  tindakan dan memprediksi konsekuensi  yang mungkin terjadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar