Rabu, 09 Oktober 2013

TOKOH-TOKOH FILSAFAT

1.     ARISTOTELES (382―322 S. M.)
Seorang filsuf besar Tunani Kuno. Tokoh pelopor logika dan juga seorang ilmuwan yang menelaah biologi, psikologi dan ilmu politik. Kini diakui sebagai filsuf ilmu yang pertama.
2.     THALES (604―546 s.M.)
Seorang pemikir terkemuka Yunani Kuno yang diakui sebagai Bapak Filsafat dan Bapak penalaran deduktif, ilmuwan yang pertama di dunia dan ahli matematik Yunani yang pertama, serta salah seorang dari Tujuh Orang Arif Yunani.
3.     PYTHAGORAS (572―497 s.M.)
Seorang ahli Matematika Yunani Kuno dan pendiri mazhab filsafat Pythagoreanisme yang mengajarkan bahwa bilangan merupakan substansi dari semua benda. Ia menganggap dirinya hanya seorang pecinta kearifan atau philosophos. Dari kata ini berkembang istilah philosophiayang berarti cinta kearifan.
4.     PLATO (428―348 s.M.)
Seorang filsuf besar Yunani Kuno yang mengembangkan filsafat spekulatif mengenai dunia ide yang sempurna dan abadi. Baginya filsafat merupakan pencarian yang bersifat spekulatif terhadap pandangan kebenaran yang menyeluruh.
5.     MARCUS TULLIUS CICERO (106―43 s.M.)
Seorang filsuf Romawi terkemuka yang tergolong aliran Stoicisme. Baginya filsafat adalah ibu dari semua pengetahuan dan diberi definisi sebagai ars vitae atau pengetahuan kehidupan.
6.     GALILEO GALILEI (1564―1642)
Seorang ilmuwan besar Italia yang menjadi pelopor ilmu modern. Ia menguasai segenap filsafat alam yang berkembang pada zamannya dari pengukuran kecepatan cahaya samapi penimbangan bobot udara.
7.     ISAAC NEWTON (1642―1727)
Seorang ilmuwan terbesar dan ahli matematika dari Inggris yang mengembangakn fisika, mekanika, dan kalkulus. Ia merumuskan pula tempat Aturan Penalaran bagi pengetahuan alam yang dikembangkannya.
8.     FRANCIS BALKON (1561―1626)
Seorang filsuf ilmu terkemuka Inggris dan pelopor metode induktif dalam mencari kebenaran dengan menyarankan langkah-langkah pengamatan empiris, analisis data yang diamati, serta penyimpulan dan pembuktian kebenaran sesuatu pangkal duga dengan pengamatan atau percobaan lebih lanjut.
9.     RENE DESCARTES
Seorang filsuf besar Perancis, ahli matematik, dan pelopor aliran filsafat rasionalisme. Dalam filsafat ia mengemukakan metode kesangsian untuk merenungkan terus sesuatu hal sampai tidak ada keragu-raguan lagi.
10.  GOTTFRIED WILHELM LEIBNIZ (1646―1716)
Seorang filsuf besar Jerman dan ahli matematika yang menguasai pula berbagai bidang pengetahuan seperti misalnya hukum, sejarah, adn teologi. Ia mengembangkan kalkulus dan kini diakui pula sebagai salah seorang pelopor logika simbolik.
11.  GEORGE BOOLE (1815―1864)
Seorang ahli matematika Inggris yang cemerlang dan pelopor logika simbolik. Dengan memakai lambang-lambang, metode analisis, dan rumus-rumus seperti aljabar, ia menyusun suatu sistem penalaran yang disebut logika kealjabaran atau lebih terkenal sebagai Aljabar Boole.
12.  AUGUSTUS DE MORGAN (1806―1871)
Seorang ahli matematika terkemuka Inggris dan pelopor logika modern, khususnya logika hubungan. Dua dalil mengenai pengingkaran pernyataan majemuk dalam logika modern yang dirumuskannya kini disebut De Morgan’s laws (dalil-dalil De Morgan).
13.  FRIEDRICH LUDWIG GOTTLOB FREGE (1848―1925)
Seorang ahli logika Jerman yang terkemuka dan memelopori perkembangan logika simbolik, filsafat matematika, dan filsafat bahasa. Ia mengemukakan suatu teori arti yang membedakan segi cakupan dan segi makna dari sesuatu nama diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar